Mengenal Pompa Air Sibel

Mengenal Pompa Air Sibel

Pompa air sibel atau situansan yang terbenam dalam air adalah jenis perangkat pompa tertutup rapat yang beroperasi dengan mendorong, daripada menarik, air selama proses pemompaannya. Ia mampu berfungsi dengan cara ini karena, seperti namanya, pompa sepenuhnya terendam dalam cairan untuk dipompa. Hal ini memungkinkan pompa untuk diturunkan ke dalam lubang yang dalam untuk memompa kebutuhan tanpa mengalami masalah seperti pompa kavitasi, yang dapat merusak bagian yang bergerak dengan mengembangkan gelembung uap. Pompa sibel digunakan dalam berbagai aplikasi penggunaan industri dan komersial.

Mengenal Pompa Air Sibel

Desain Pompa Sibel

Pompa sibel dapat menampilkan satu tahap atau beberapa tahap. Setiap tahap terdiri dari motor dalam casing, ditutup dengan mechanical seal untuk mencegah kebocoran. Motor terhubung ke kabel yang menghasilkan daya untuk menjalankan motor, dan casing meluas ke semacam pipa atau selang yang mengarah ke permukaan. Pompa sibel dapat dihubungkan ke berbagai jenis pipa, selang atau kawat fleksibel, tergantung pada pekerjaan dan cairan yang dipompa.

Casing pompa sibel dapat terdiri dari berbagai jenis logam, seperti krom atau baja tahan karat, atau polimer. Aspek terpenting dari casing adalah tertutup rapat. Jika ada cairan yang bocor ke dalam casing, motor bisa cepat padam dan menimbulkan biaya perbaikan yang tinggi. Beberapa casing dilengkapi dengan konstruksi segel mekanis ganda untuk pekerjaan yang lebih berat. Kabel powering motor biasanya 50 kaki dalam aplikasi penggunaan komersial dan bisa lebih lama dalam situasi industri skala besar, seperti sumur minyak. Banyak casing juga ditempel dengan saklar float, yang secara otomatis mengaktifkan motor ketika pompa sepenuhnya terendam.

Pompa sibel memiliki berbagai kekuatan, baik dalam penggunaan energi dan kecepatan pemompaan. Kebanyakan pompa sibel dinilai efektif untuk berbagai macam cairan, tetapi cairan yang lebih kental pada kedalaman yang lebih besar menimbulkan masalah tekanan yang membutuhkan pompa yang lebih kuat untuk fungsi yang tepat. Selain itu, beberapa pekerjaan dapat menampilkan bit acak detritus padat dan serpihan dalam cairan, sehingga penting untuk memilih pompa sibel yang dinilai mampu menangani padatan. Umumnya, pompa sibel yang mampu menangani padatan akan menampilkan pengaduk atau lubang semprot untuk mencampur partikel padat ke dalam cairan dan membuatnya lebih mudah bagi mesin untuk memompa mereka keluar dari tanah.

Fungsi Pompa Sibel

Banyak pompa sibel beroperasi di bawah prinsip Electric Sibel Pumping (ESP). Ini dicapai dengan menurunkan tekanan mengalir, yang menurunkan tekanan di bagian bawah poros di mana pompa sibel duduk. Motor sistem ESP juga dirancang untuk berfungsi di bawah suhu tinggi (hingga 300 derajat Fahrenheit) dan tekanan tinggi, sehingga digunakan dalam situasi di mana sumur yang sangat dalam adalah umum, seperti sumur minyak. Mereka dapat relatif mahal untuk dijalankan karena mereka memerlukan kabel listrik khusus, meskipun perkembangan baru telah melihat pengenalan umbilical tubing digulung untuk memasok energi ke motor dalam. Selain itu, penggunaan listrik jauh lebih tinggi daripada motor pompa sibel lainnya dan fungsi pompa pada toleransi ketat yang tidak memungkinkan untuk padatan dan pasir.

Related Posts